1. Judul Penelitian :
PERANAN ICT DALAM MENDUKUNG PRESTASI AKADEMIK
MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2. Latar Belakang Masalah :
Perkembangan ICT (Information Comunication and Technology) yang semakin pesat, penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi di Perguruan Tinggi juga semakin marak. Perkembangan teknologi informasi telah memberikan pengaruh terhadap proses pelayanan dan bimbingan akademik bagi mahasiswa. Seperti di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, layanan bimbingan akademik tidak hanya dilakukan melalui tatap muka tetapi telah dilakukan dengan menggunakan berbagai media informasi dan komunikasi seperti telepon, internet, e-mail, chat rooms dan video atau lebih dikenal dengan nama cybercounseling.
Teknologi informasi yang paling banyak digunakan dalam layanan bimbingan akademik adalah internet. Dengan menggunakan layanan internet, pengisian kartu rencana studi dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka dengan pembimbing akademik. Bimbingan akademik menggunakan fasilitas teknologi informasi internet memberi dampak positif dan negatif. Dampak positif layanan akademik menggunakan fasilitas internet antara lain mahasiswa dapat melakukan proses bimbingan dengan cepat dan mudah, proses bimbingan akademik dapat dilakukan di mana saja sepanjang fasilitas internet tersedia. Sedang dampak negatif proses bimbingan akademik lewat internet antara lain dapat membuat pertemuan tatap muka antara dosen dan mahasiswa menjadi semakin berkurang, sehingga 50% penuntasan masalah akademik dan pengontrolan perilaku mahasiswa oleh dosen menjadi lebih sulit.
Proses layanan bimbingan akademik menggunakan internet atau dengan sistem online telah banyak di gunakan di berbagai Perguruan Tinggi. Sistem ini telah memberi kemudahan dalam penyimpanan data, penelusuran informasi dan penemuan kembali data yang telah tersimpan. Baik di dalam kelas, maupun di luar kelas. Mahasiswa dapat mengakses bahan kuliah, melalui situs resmi kampus. Tak hanya itu, baik dosen, maupun mahasiswa pun dimungkinkan untuk menggali sumber-sumber informasi lain secara lebih luas, tak terbatas ruang, dan waktu, melalui internet. Kemudahan yang ditemukan dalam sistem akademik online ini bukan berarti sistem tidak mengandung kelemahan. Beberapa kelemahan yang ditemukan dalam sistem ini antara lain: data pribadi bisa dibuka orang lain, mahasiswa yang usil dapat menghapus dan mengubah nilai, mengacak program, atau menyelipkan beberapa program pengganggu sepanjang sistem informasi akademik tersebut tidak dilindungi dan diperbarui.
Melihat permasalahan di atas, peneliti ingin mengetahui seberapa besar peranan ICT di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta dalam menjalankan peranannya sebagai pendukung prestasi akademik mahasiswa, dengan harapan penelitian ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan prestasi maupun pelayanan sistem akademik di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
3. Rumusan Masalah :
Berdasarkan pada latar belakang masalah, identifikasi masalah dan batasan masalah, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah: “Seberapa besar peranan ICT dalam mendukung prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta?”
4. Definisi Operasional Variabel :
Aswani Sujud yang dikutip oleh Harjono (2008: 25), menyatakan bahwa “variabel merupakan suatu konsep atau konstruksi logis yang mendiskripsikan sebuah cirri khusus”. Variabel dalam penelitian ini adalah peranan ICT dengan prestasi akademik mahasiswa FIK-UNY, secara operasional, variabel tersebut didefinisikan sebagai berikut :
1. Peranan ICT
Peranan ICT adalah sebuah peran dari suatu sarana pendidikan sebagai alat pendukung prestasi akademik mahasiswa di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta untuk memudahkan proses akademik dengan maksimal.
2. Prestasi Akademik
Proses akademik adalah hasil dari sebuah proses akademik yang dicapai mahasiswa atau suatu usaha yang dilakukan secara maksimal untuk mencapai tujuan akademik.
5. Langkah-langkah menyusun Instrumen :
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan angket sebagai pengambil data. Sedangkan angket dalam penelitian ini merupakan faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik dalam proses akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY. Penyusunan instrumen harus memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut: mendefinisikan kostrak, menyidik faktor dan menyusun butir pertanyaan (Sutrisno Hadi, 1991: 79). Berdasarkan ketiga langkah tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
a. Mendefinisikan Konstrak
Konstrak variabel dalam penelitian ini adalah peranan ICT dalam mendukung prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan. Peranan dalam penelitian ini adalah dorongan, penggerak atau alasan seseorang untuk berperilaku, bertindak yang merupakan kekuatan yang bersumber pada keinginan individu dalam kebutuhan atau tujuan hidupnya. Dalam hal ini peranan ICT dalam mendukung prestasi akademik mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
b. Menyidik Faktor
Langkah selanjutnya yaitu menyidik faktor konstrak dari variabel di atas dijabarkan menjadi faktor-faktor yang dapat diukur. Adapun faktor-faktor tersebut meliputi: media visual, media audio, dan media proyeksi diam.
c. Menyusun butir
Langkah terakhir adalah menyusun butir pertanyaan berdasarkan faktor-faktor yang menyusun konstrak. Butir-butir pertanyaan disusun dalam sebuah angket. Sebelumnya akan dibuat kisi-kisi dari angket. Untuk memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai angket, di bawah ini disusun kisi-kisi angket penelitian sebagai berikut.
Tabel 2. Kisi-kisi Uji Coba Instrumen
Variabel Faktor Indikator No. Butir ∑
Butir
Peranan
ICT Media Visual 1. Poster/gambar
2. Foto
3. Buku 1, 2, 3, 4, 5
6, 7, 8, 9,
10, 11, 12, 13
14
15
Media Audio 1. Radio
2. Tape recorder
3. Kaset Senam 16
17
18
Media proyeksi diam 1. Komputer/internet
2. Telivisi
3. VCD
4. LCD/OHP
5. Transparasi 19
20
21, 22, 23,
24, 25, 26,
27, 28, 29,
30, 31, 32,
33, 34,
35
36
Tidak ada komentar:
Posting Komentar